entry image

Bimbingan Pemeliharaan Alat Panci Presto


Tindak lanjut identifikasi penyuluhan yang dilakukan oleh Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah terhadap Industri Kecil dan Menengah (IKM) Griya Bandeng Sukati, milik ibu Siti Aisiyah, Gunungpati Semarang, memasuki tahap penyelesaian masalah ketiga, yaitu menemukan adanya alat panci presto yang tidak berfungsi.

Sementara penyelesaian masalah pertama, yang berupa tidak berfungsinya alat vacum sealer sudah bisa diatasi dengan baik. Eksekusi kegiatan tersebut dilakukan pada minggu kemarin, bersamaan dengan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang ikut membantu menyelesaikan masalah ke dua, yaitu membantu menyelesaikan perijinan lampiran IUMK dan SPPL melalui OSS.

Identifikasi penyuluhan itu sendiri dimulai sejak tanggal 12 Juni 2021, yang kemudian lebih diintensifkan mendalam pada tanggal 11 Juli sd 17 Juli 2021. Sedangkan masalah penurunan penjualan masih dalam tahap pembahasan. Dalam rangka mengembangkan usahanya, IKM Griya Bandeng Sukati membuat terobosan dengan membeli panci presto bekas pada tahun 2017. Panci presto bekas tersebut memiliki kapasitas 70 kg sekali masak dan membutuhkan waktu 1 jam untuk membuat bandeng menjadi lunak. Seperti jamaknya pembelian alat bekas, tentu memiliki konsekwensi adanya kelemahan.

Begitu juga yang dialami IKM Griya Bandeng Sukati, yaitu alat pluit panci prestonya tidak berfungsi, yang menyebabkan tidak dapat dipakai alias menganggur. Sementara itu, sejak memulai usaha tahun 2013 hingga sekarang ini, panci yang digunakan adalah panci presto berkapasitas 20 kg untuk sekali masak dan membutuhkan waktu selama 3 jam untuk membuat bandeng menjadi lunak. Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah kembali mengajak kerja sama dengan Mahasiswa Praktek Magang D4 Rekayasa Perancangan Mekanik Teknik Mesin Vokasi dari Universitas Diponegoro (Yandi Sugi Mulia dan Muhammad Husni Hibatillah) untuk memperbaiki alat panci presto IKM Griya Bandeng Sukati tersebut di atas.

Bentuk pemeliharaanya adalah berupa tindakan membersihkan pluit presto dengan udara bertekanan tinggi. Hal ini perlu dilakukan karena pada pluit presto tersebut terdapat banyak sumbatan. Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 27 Juni s/d 30 Juli 2021. Tips bagi IKM ke depannya dalam membeli alat sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal, antara : budget yang dimiliki, kesesuaian kebutuhan, memiliki pengatur waktu, dan adanya garansi yang terjamin atau agen resmi. IKM Griya Bandeng Sukati mengucapkan terima kasih pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan atas bimbingan dan dukungan yang diberikan selama ini sehingga permasalah yang dihadapi dapat terselesaikan dengan baik.