entry image

Bimbingan Perizinan Usaha Pada UMKM Makanan


Perizinan usaha adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis. Namun terkadang, tidak sedikit UMKM yang kurang memahami proses perizinan usaha yang mereka butuhkan. Hal ini tentunya membutuhkan penyuluhan dan bimbingan bagi para pengusaha tersebut agar mereka dapat mengurus legalitas usahanya sehingga mereka dapat mengembangkan usaha seoptimal mungkin.

Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah telah melaksanakan penyuluhan dan bimbingan perizinan usaha kepada Bapak Eka, pemilik usaha Bubur Kacang Ijo RB7 yang berlokasi di Mertoyudan, Kab.Magelang. Penyuluhan dan bimbingan dilaksanakan dalam pengurusan NIB (Nomor Induk Berusaha), IUMK (Izin Usaha Mikro Kecil) dan SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan) yang dalam bimbingan lainnya juga berkomunikasi dengan Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Kab.Magelang. Saat ini Bubur Kacang Ijo RB7 telah memiliki legalitas usaha tersebut.

Perizinan usaha lainnya yang masih membutuhkan bimbingan adalah pengurusan merk usaha. Dukungan bimbingan tersebut akan dibantu oleh Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Magelang Usaha Bubur Kacang Ijo RB7 milik Pak Eka merupakan usaha yang dirintis setelah Pak Eka pensiun dari pekerjaannya sebagai karyawan perusahaan. Usaha ini tidak hanya menjual Bubur Kacang Ijo tetapi juga Sari Kacang Ijo. Selama pandemi, Bubur Kacang Ijo RB7 memperoleh penghasilan yang lebih besar dibandingkan dengan sebelum pandemi.

Hal ini dikarenakan banyak orang yang berburu makanan sehat seperti Bubur Kacang Ijo dan Sari Kacang Ijo. Selain itu, seiring berjalannya usaha Pak Eka selama hampir 1,5 tahun ini maka Bubur Kacang Ijo RB7 juga mulai dikenal masyarakat. Promosi usaha yang telah dilakukan oleh Pak Eka diantaranya adalah melalui Whatsapp dan Ojek Online. Pak Eka berharap akan ada bimbingan usaha terkait pemasaran agar produknya semakin dikenal masyarakat dan usaha Bubur Kacang Ijo RB7 semakin berkembang.

Identifikasi usaha berkaitan dengan kebutuhan penyuluhan dan bimbingan pemasaran ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2021 sampai 4 Agustus 2021. Bubur Kacang Ijo RB7 mengucapkan terima kasih pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan atas penyuluhan dan bimbingan yang diberikan selama ini.