
Hasil Survei Kepuasan Masyarakat ( SKM ) Triwulan I Tahun 2022 Balai Industri Produk Tekstil dan Alas Kaki
Pelayanan publik oleh aparatur negara saat ini telah menjadi isu strategis, karena tingkat kualitas kinerja pelayanan publik akan menentukan baik buruknya pelayanan kepada masyarakat dan pada gilirannya akan menentukan citra dari aparatur negara. Berbagai keluhan masyarakat atas rendahnya kinerja pelayanan yang diberikan oleh pemerintah sebaiknya segera direspon, sebagai dasar untuk membuat kebijakan dan perbaikan kinerja pelayanan publik di masa yang akan datang. Keluhan masyarakat yang tidak segera direspon oleh pemerintah akan dapat menimbulkan citra yang kurang baik terhadap kinerja aparatur pemerintah, yang pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.
Oleh karena itu Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah telah melakukan survei kepada peserta Pelatihan Ketrampilan SDM Industri Produk Tekstil dan Alas Kaki dan beberapa perusahaan mitra dibidang garmen dan alas kaki terhadap pelayanan yang telah diberikan BIPTAK selama Triwulan ke-1 tahun 2022 ini, yaitu pada periode Januari sampai dengan Maret 2022 Berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, maka lembaga penyedia pelayanan wajib melakukan survei kepuasan masyarakat untuk memperoleh Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Dengan adanya peraturan ini sebagai salah satu upaya untuk memperbaiki pelayanan publik dengan cara melakukan survey kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dengan mengukur kepuasan pengguna layanan.
TABEL INDEK KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) |
|||||
BALAI INDUSTRI PRODUK TEKSTIL DAN ALAS KAKI ( BIPTAK ) |
|||||
DINAS PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN PROVINSI JAWA TENGAH |
|||||
TRIWULAN I TAHUN 2022 |
|||||
|
|||||
NO |
UNSUR PELAYANAN |
NILAI IKM |
NILAI KONVERSI |
MUTU PELAYANAN |
UKURAN KINERJA |
1 |
Persyaratan |
3.38 |
84.50 |
B |
Baik |
2 |
Prosedur |
3.34 |
83.50 |
B |
Baik |
3 |
Waktu Pelayanan |
3.34 |
83.50 |
B |
Baik |
4 |
Biaya |
3.91 |
97.75 |
A |
Sangat Baik |
5 |
Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan |
3.44 |
86.00 |
B |
Baik |
6 |
Kompetensi Pelaksana |
3.58 |
89.50 |
A |
Sangat Baik |
7 |
Perilaku Pelaksana |
3.4 |
85.00 |
B |
Baik |
8 |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
3.45 |
86.25 |
B |
Baik |
9 |
Kelengkapan Sarana dan Prasarana |
3.3 |
82.50 |
B |
Baik |
JUMLAH |
31.14 |
778.5 |
|
|
|
NILAI IKM |
3.46 |
86.50 |
B |
Baik |
|
JUMLAH RESPONDEN = 100 |
Dari data hasil survei dengan sampling random yang dilakukan pada periode Januari sampai dengan Maret 2022 Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan di Balai Industri Produk Tekstil dan Alas Kaki ( BIPTAK) Disperindag Provinsi Jawa Tengah mencapai nilai 86,50 (B) dengan kategori Baik. Penilaian ini didasarkan atas penilaian dari 9 (sembilan) unsur pelayanan IKM terhadap Layanan BIPTAK pada TW1 tahun 2022, yang meliputi:
1. Kesesuaian persyaratan pelayanan
2. Kemudahan prosedur pelayanan
3. Kecepatan waktu pelayanan
4. Kewajaran biaya/tarif pelayanan
5. Kesesuaian pelaksanaan dan hasil pelayanan
6. Kompetensi / kemampuan personil pelayanan
7. Perilaku petugas pelayanan
8. Penanganan keluhan pengguna layanan
9. Kelengkapan sarana dan prasarana pelayanan
Berdasarkan hasil analisa terhadap 9 unsur pelayanan tersebut, analisa tiap unsur layanan Unsur pelayanan yang mendapat nilai ikm tertinggi adalah biaya dan tarif yaitu 3,91 dengan nilai konvensi 97,75 ini berarti biaya retribusi jasa pelayanan di BIPTAK relatif murah dan untuk pelatihan adalah gratis atau tidak dipungut biaya. Alasan paling banyak pengguna Layanan adalah mendapat pelatihan /ketrampilan operator garmen dan Alas Kaki secara gratis dan di tempatkan bekerja di perusahaan. Nilai IKM tertinggi kedua adalah kompetensi Pelaksana yaitu 3,58 dengan nilai konversi 89,50. Semua pengguna layanan yang mengikuti pelatihan operator jahit menyatakan program pelatihan sesuai untuk bekerja di perusahaan Garmen dan Alas Kaki.