entry image

MENGOPTIMALKAN PERAN GUDANG SRG DI JAWA TENGAH


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa tengah menyelenggarakan kegiatan Optimalisasi Gudang SRG di Jawa Tengah (Kabupaten Pemalang) dengan menghadirkan Narasumber dari Kepala Biro Pembinaan SRG dan PLK Bappebti Kemendag RI – Widiastuti, SE, M.Si, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah – M. Arif Sambodo, SE, M.Si dan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pemalang – Drs. Hepy Priyanto, MM.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk lebih mengoptimalkan peran dari gudang SRG di Jawa Tengah yang salah satunya berada di Kabupaten Pemalang dimana para Gapoktan, Poktan maupun Petani mau menyimpan komoditi yang telah ditentukan di dalam Gudang SRG.

Penerapan Sistem Resi Gudang menawarkan serangkaian manfaat yang luas bagi petani, dunia usaha, perbankan dan bagi pemerintah. Manfaat tersebut antara lain : Keterkendalian dan kestabilan harga komoditi. Sistem ini bermanfaat dalam menstabilkan harga pasar, melalui fasilitas penjualan sepanjang tahun.

Komoditas – komoditas yang dapat masuk di Gudang SRG adalah gabah, beras, jagung, kopi, kakao, karet, garam, lada, pala, ikan, bawang merah, rotan, kopra, teh, rumput laut, gambir, timah, ayam beku karkas

Rencananya di tahun 2022 kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak empat (4) kali dan yang pertama dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 20 April 2022 di Kabupaten Pemalang selanjutnya akan dilaksanakan di tiga (3) Kabupaten yaitu Cilacap, Banjarnegara dan Jepara.