entry image

Modifikasi dan Penyempurnaan Mesin Kemasan


Senin, 20 September 2021, Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah bersama dengan mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang melakukan modifikasi dan penyempurnaan mesin kemasan di bengkel Balai Industri Logam dan Kayu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah.
 
Mesin kemasan digunakan untuk mengemas berbagai macam produk agar menarik. Produk yang dikemas bisa berupa produk makanan, produk bubuk, butiran maupun cairan. Kemasan yang menarik merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemilik usaha selain kualitas produknya karena kemasan juga merupakan faktor daya tarik bagi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
 
Beberapa fungsi kemasan diantaranya adalah :
1. Melindungi dan Mempertahankan Produk
2. Identitas Produk
3. Daya Tarik
4. Kemudahan Dalam Transportasi Produk
5. Mempublikasikan Merk Produk
 
Mesin kemasan yang sedang dimodifikasi dan disempurnakan oleh para mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, Universitas Negeri Semarang beserta Penyuluh Peindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah ini adalah mesin kemasan sachet untuk produk kopi bubuk yang akan diserahkan kepada IKM sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat.
 
Kegiatan tersebut merupakan kegiatan lintas sektoral di bidang pengembangan teknologi tepat guna yang sudah dimulai sejak tahun 2012 melalui kegiatan pembuatan mesin Teknologi Tepat Guna dan Desiminasi. 
 
Diharapkan kerjasama dengan instansi pendidikan lainnya dapat dilaksanakan untuk meningkatkan inovasi khususnya di bidang mesin dan peralatan teknologi tepat guna untuk mendukung pengembangan industri.