entry image

Monitoring Proses Fasilitasi Sertifikasi ISO 9001 2015


Proses fasilitasi sertifikasi ISO 9001:2015 pada PT BRS Zamzami Metalindo Purbalingga telah dilaksanakan dan memasuki tahap penilaian gap analysis, dimana kondisi saat ini diperbandingkan dengan kondisi harapan yang akan dicapai. Perbaikan dan kebutuhan pengembangan apa saja yang perlu telah diinventarisir. Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan melakukan monitoring terkait progress dari kondisi yang telah dinilai dan perbaikan yang dilakukan. Hal ini dilakukan agar tahapan berikutnya yaitu pengembangan dan implementasi sistem serta dokumentasi perusahaan sesuai syarat ISO 9001 segera dapat dilaksanakan. Sehingga sertifikat ISO 9001:2015 dapat diperoleh sesuai dengan target waktu yang telah direncanakan.
 
Selain meningkatkan image, kredibilitas dan kepuasan pelanggan sesuai tuntutan persaingan bisnis yang tinggi, penerapan Sistem manajemen Mutus ISO 9001:2015 di PT BRS Zamzami Metalindo diharapkan dapat pula meningkatkan benefit perusahaan tidak sekedar berhenti pada bisnis yang “standard”. Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan dalam kesempatan tersebut memberikan penekanan bahwa bisnis harus “benefit oriented”. Hal ini memerlukan komitmen, kompetensi dan konsistensi dari seluruh organ perusahaan serta kemampuan untuk selalu melakukan perbaikan berkelanjutan. 
 
Benefit tentunya tidak lepas dari profit, dimana profit tersebut diciptakan dari strategi inisiatif, seperti kemampuan melihat peluang alternatif bisnis. PT BRS Zamzami Metalindo mendapatkan bantuan peralatan dari APBD berupa mesin plasma cutting yang saat ini keadaannya masih belum dapat dioperasionalkan, baik dikarenakan permasalahan teknis, operasional maupun potensi pasarnya. Mesin plasma cutting tersebut seharusnya dapat menjadi alternatif peluang profit.
 
 
Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga yang juga hadir pada monitoring tersebut dimohonkan kegiatan commisioning mesin plasma cutting tersebut termasuk menyiapkan operator serta riset peluang bisnis dan pasarnya. Dalam hal ini Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan dapat membantu secara teknis.
 
Semoga harapan PT BRS Zamzami Metalindo menjadi perusahaan champion dan contoh sukses bagi industri knalpot Purbalingga dalam menghadapi tantangan disrupsi teknologi maupun peluang kemajuan teknologi dapat tercapai, berkat kerjasama dari para stakeholder pembina industri. Dan fasilitasi sertifikasi ISO 9001:2015 yang diberikan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah melalui Bidang Standardisasi dan Perlindungan Konsumen sungguh dapat membangun image kredibilitas PT BRS Zamzami Metalindo, memenuhi kepuasan pelanggan dan yang pasti meningkatkan benefit perusahaan.