entry image

PELATIHAN EKSPOR UNTUK MENCETAK PARA EKSPORTIR BARU


Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) ProvinsiJawa Tengah kembali menyelenggarakan kegiatan pelatihan di bidang ekspor impor di daerah dengan tema “Bagaimana Memulai Ekspor”. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Disperindag Prov. Jateng dengan Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI) Kemendag RI, dan diselenggarakan di Dafam Hotel Semarang pada tanggal 5 s.d 7 Oktober 2021 kemarin. Kegiatan pelatihan ekspor dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah Bp M.Arif Sambodo, SE, M.Si. Dalam sambutannya beliau berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat memotivasi para pelaku usaha untuk melakukan ekspor produk-produk unggulannya.       

Kegiatan pelatihan ekspor dihadiri oleh 30 Pelaku Usaha di bidang furniture potensi ekspor.Beberapa materi yang didapat oleh peserta (Pelaku Usaha) diantaranya meliputi: Mengenal Bisnis Ekspor; Latihan Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threats (SWOT); Pengembangan/ Adaptasi Produk Ekspor; Biaya dan Harga untuk Ekspor; Mencari Pembeli; serta Sharing Pengalaman Ekspor. Sejumlah materi tersebut disampaikan oleh fasilitator pengajar antara lain Calex Supriyatno W., Nurul Retno Palupi, dan Topan Anggoro.

Melalui kegiatan ini para Pelaku Usaha diharapkan dapat memperoleh manfaat seperti pemahaman terkait bisnis ekspor secara lebih mendalam, serta menambah networking atau jejaring sesame Pelaku Usaha di bidang furniture. Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu peserta mendapat informasi penting terkait pembinaan atau fasilitasi apa saja yang bisa didapatkan dariPemerintah Pusat ataupun Pemerintah Daerah. Seperti diantaranya pembinaan pelatihan ekspor, pendampingan desain produk, keikutsertaan pada ajang pameran nasional dan internasional, hingga pendampingan Business Matching dalam rangka pertemuan B2B (Business to Business) antara Eksportir dalam negeri dengan Importir luar negeri.