entry image

Pendampingan Pembuatan Teknologi Tepat Guna Untuk Peningkatan Produktivitas


Sabtu, 23 September 2021. Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah mendampingi penutupan KKN Tematik Universitas Diponegoro (UNDIP) dari berbagai disiplin ilmu dengan fokus kegiatan peningkatan produksi sirup jahe "GUSPRAK" milik Agus Prakoso di Tlogosari, Kota Semarang melalui pembuatan mesin Teknologi Tepat Guna.
 
 
Tim KKN Tematik Universitas Diponegoro (UNDIP) yang terdiri dari 6 mahasiswa dengan jurusan yang berbeda, yaitu : 1) Mokh. David Arisandi (Teknik Sipil), 2) Khusnul Khotimah (Teknik Komputer), 3) Rizka Savira Noor Fauzia (Teknik Kimia), 4) Fadhila Natasya Amalia (Teknik Kimia), 5) Ahnaf Fadlurrohman (Manajemen), 6) Garundanto Adam Adyatma (Hukum) dibawah bimbingan Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D, Naintina Lisnawati, S.K.M.,M.Gizi, dan Triyono, S.H., M.Kn., serta didampingi Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memberikan mesin Teknologi Tepat Guna kepada Agus Prakoso selaku pemilik usaha sirup jahe "GUSPRAK" untuk meningkatkan produktivitas produksi sirup jahe "GUSPRAK". Adapun mesin Teknologi Tepat Guna yang diberikan terdiri dari 2 (dua) mesin yaitu :
1. Mesin Pemarut dan Pemeras Jahe
2. Mesin Pengaduk Sirup Jahe
 
 
Mesin Pemarut dan Pemeras Jahe memiliki fungsi untuk melakukan pemarutan jahe sehingga jahe menjadi serbuk kecil, kemudian langsung diperas menggunakan Mesin Press dan dihasilkan adonan jahe yang halus. Mesin Pengaduk Sirup Jahe digunakan setelah tahap pemarutan dan pemerasan selesai. Setelah bahan-bahan untuk membuat sirup jahe sudah dimasukkan ke dandang, selanjutnya masuk ke Mesin Pengaduk yang berfungsi untuk mengaduk adonan sirup jahe selama kurang lebih 60 menit. Mode pengaduk bisa diatur kecepatannya (sebaiknya kecepatan dibuat konstan) sehingga adonan dapat tercampur merata. Penggunaan mesin Teknologi Tepat Guna ini diharapkan mampu meningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses produksi.