entry image

Penyaluran Peserta Pelatihan Jahit ke Perusahaan-Perusahaan di Jawa Tengah


Pelatihan jahit di Balai Industri Produk Tekstil dan Alas Kaki (BIPTAK), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Prov. Jawa Tengah merupakan salah satu kegiatan yang diharapkan mampu mengentaskan pengangguran dan kemiskinan di Jawa Tengah untuk mencapai kemandirian ekonomi.
 
Peserta pelatihan jahit di BIPTAK adalah masyarakat Jawa Tengah yang berusia minimal 18 tahun, maksimal 30 tahun, ber-KTP dan pendidikan minimal SLTP sederajat. Selain diberi ketrampilan menjahit, para peserta pelatihan jahit di BIPTAK juga disalurkan ke perusahaan- perusahaan, khususnya garmen dan sepatu di Jawa Tengah. 
 
Penyuluh perindustrian dan perdagangan di BIPTAK dalam perannya selaku komunikator, menjalin komunikasi dengan pihak perusahaan terkait kegiatan pelatihan di BIPTAK, kebutuhan pelatihan, kebutuhan Sumber Daya Manusia di perusahaan hingga terjalin kerjasama antara BIPTAK dan perusahaan. 
 
Dukungan BIPTAK berupa pelaksanaan pelatihan jahit guna terciptanya masyarakat yang memiliki ketrampilan menjahit serta penyaluran peserta ke perusahaan guna mengurangi pengangguran dan kemiskinan merupakan bentuk dukungan nyata tercapainya kemandirian ekonomi. 
 
Ketersediaan tenaga kerja yang terampil tersebut merupakan bentuk dukungan yang diharapkan mampu meningkatkan investasi, penciptaan lapangan kerja, serta pembukaan usaha- usaha baru terutama yang berasal dari anak bangsa.