entry image

Penyuluhan Usaha Gerakan Sedekah Sampah Pada Panti Asuhan di Pemalang


Gerakan Sedekah Sampah merupakan Kegiatan yang di selenggarakan oleh Panti Asuhan Dewi Masyithoh Pemalang yang didirikan sejak tahun 2016 yang dipimpin oleh Imam Suwarno. Yang melatar belakangi dari adanya ide gagasan membuat program tersebut di antaranya adalah mendidik masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan memilah sampah dari lingkungan keluarga dengan di motivasi nilai Religius yaitu nuansa Sedekah. Dengan kata lain bersedekah bisa dengan mudah melalui limbah sampah agar keluarga menjadi berkah. Dan bisa di lakukan di semua kalangan masyarakat, baik yang secara ekonomi lemah maupun dari kalangan ekonomi mampu. 
 
GSS tampil di lingkungan masyarakat sebagai solusi bagi masyarakat untuk belajar bersedekah melalui sesuatu yang di anggap tak bernilai agar menjadi bernilai agung, mengingat masalah sampah adalah masalah perilaku hidup atau tentang akhlak. Sesuai dg konsep Rosululloh, "Kebersihan sebagian dari pada Iman". Hadits inilah yang memotivasi kita untuk belajar merealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Malalui penanaman akhlak terhadap lingkungan. Terutama di lingkungan anak-anak Panti Asuhan Dewi Masyithoh dan di semua lingkungan masyarakat. Mudah-mudahan dg motivasi bersedekah anak menambah semangat masyarakat untuk tanggap terhadap lingkungannya masing-masing. 
 
 
Gerakan Sedekah Sampah di prakarsai oleh Lembaga Panti Asuhan Dewi Masyithoh Pemalang sebagi lembaga yang bergerak di bidang sosial. Yaitu santunan bagi anak-anak yatim, yatim piatu dan mustadz'afin. Dimana semua itu membutuhkan adanya kegiatan yang mendidik anak-anak agar bisa belajar mandiri, aktif, kreatif, inofatif dan ekonomis. Hasil dari Perolehan Gerakan Sedekah Sampah akan di kelola untuk kegiatan sosial khususnya untuk santunan bagi anak-anak asuh di dalam Panti Asuhan Dewi Masyithoh dan di luar Panti yang masuk perogram santunan bagi GSS. 
 
Dari hasil GSS yang di peroleh dari Masyarakat, akan dipilih, dikemas sesuai dengan jenis sampah kemudian dijual ke pengepul sampah dan hasil dari penjualan untuk kegiatan panti asuhan.
 
 
Penyuluh Perindustrian dan Perdagangan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah memberikan penyuluhan untuk segera memperoleh nomer induk berusaha (NIB) dan merencanakan kegiatan daur ulang sampah agar mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. Gerakan Sedekah Sampah berterima kasih atas arahan dan bimbingan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah serta berharap untuk dibina terus usahanya agar maju dan berkembang.