entry image

Penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah 2021


Disperindag Jateng baru saja menyelenggarakan Penyusunan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Tahun 2021 yang bertempat di Hotel Atria, Kota Magelang.
 
Sebagai narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Ibu Ismi dan Tim yang membimbing, mendampingi dan mengawal dalam menyusun dokumen RTP (Rencana Tindak Pengendalian). 
Penyusunan ini (RTP) diatur dalam PP nomor 60 Tahun 2008 dimana ada 5 unsur Penilaian yaitu Lingkungan Pengendalian, Penilaian Resiko, Kegiatan Pengendalian, Informasi dan Komunikasi, dan Pemantauan Pengendalian Intern. kelima unsur pengendalian intern merupakan unsur yang terjalin erat satu dengan yang lainnya. 
 
Proses pengendalian menyatu pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai. Oleh karena itu, yang menjadi fondasi dari pengendalian adalah orang-orang (SDM) di dalam organisasi yang membentuk lingkungan pengendalian yang baik dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai instansi pemerintah.
Yang menarik adalah, bahwa dalam PP Nomor 60 Tahun 2008 yang menjadi sub unsur pertama dari lingkungan pengendalian adalah pembangunan integritas dan nilai etika. Artinya, dengan maksud agar seluruh pegawai mengetahui aturan untuk berintegritas yang baik dan melaksanakan kegiatannya dengan sepenuh hati dengan berlandaskan pada nilai etika yang berlaku untuk seluruh pegawai tanpa terkecuali.
 
Integritas dan nilai etika tersebut perlu dibudayakan, sehingga akan menjadi suatu kebutuhan bukan keterpaksaan. Oleh karena itu, budaya kerja yang baik pada instansi pemerintah perlu dilaksanakan secara terus menerus tanpa henti.
Harapan kedepan, agar semakin paham bagaimana menyusun RTP dengan baik, memahami kelima unsur dengan baik. Sehingga tersusun RTP yang bisa digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas kedinasan, karena resiko yang akan terjadi dan bagaimana pengendaliannya telah dianalisis dengan baik.