entry image

VIRTUAL BUSINESS MATCHING CENTRAL JAVA – ETHIOPIA UPAYA PEMERINTAH DALAM MEMPERLUAS PASAR PADA MASA PANDEMI COVID-19


Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan virtual business matching untuk memberikan sarana kepada para pelaku usaha untuk dapat saling bertemu dan berdiskusi terkait peluang ekspor/impor di kedua negara (Jawa Tengah,Indonesia – Ethiopia). Hal ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Duta Besar Ethiopia ke Jawa Tengah pada 10 Maret 2021 lalu. Kegiatan ini digelar pada hari Selasa, 6 Juli 2021 bertempat di Aula Lantai 5 Gedung Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah. 
 
 
Sejumlah tamu undangan turut menghadiri kegiatan tersebut yang terdiri dari perwakilan instansi terkait seperti Kedubes Ethiopia di Jakarta, KADIN Jateng, Biro Pemerintahan Otonomi Daerah dan Kerjasama Setda Prov.Jateng, DPMPTSP Prov.Jateng, dan GINSI Jateng. Selain itu juga turut hadir perwakilan perusahaan ekspor/impor Jawa Tengah, dan perusahaan ekspor/impor Ethiopia atau asosiasi yang mewakili.
 
Melalui sambutannya, Duta Besar Ethiopia menyampaikan bahwa fokus dari kegiatan Business Matching / Business Forum ini adalah untuk meningkatkan peluang kerjasama perdagangan internasional antar kedua negara. Kegiatan ini juga merupakan ke-empat kalinya Ethiopia mengadakan kerjasama dengan Indonesia melalui pemerintah daerah terkait. Harapannya baik Indonesia dan Ethiopia bisa memperoleh pandangan baru terkait potensi pasar dan peluang bisnis di masing-masing wilayah.
 
Selain itu, disampaikan pula data dari Pusdatin Kemendag RI 10 (sepuluh) komoditas ekspor utama Jawa Tengah, dimana beberapa diantaranya cukup potensial bagi pasar Ethiopia yaitu serat stafel buatan, pakaian jadi bukan rajutan, produk olahan dari tepung, perabot dan penerangan rumah, serta berbagai barang logam dasar (periode 2020 dan 2021 Januari – Maret).
 
Adapun perusahaan asal Jawa Tengah yang diundang untuk mengikuti kegiatan ini diantaranya yang bergerak di sektor industri dan produksi barang serta bahan dari kertas, produk herbal, plastik dan barang dari plastik, palm oil, tekstil, pakaian jadi bukan rajutan, serta furniture. KADIN Jateng menyampaikan harapannya terkait potensi Ethiopia sebagai partner strategik bagi Jawa Tengah. Dimana hal tersebut sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis antar kedua negara. KADIN JATENG juga siap mengawal terjalinnya Kerjasama antara Jawa Tengah dengan Ethiopia.
 
Dengan diadakannya kegiatan virtual business matching tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah berharap hubungan B2B kedua negara dapat terjalin dengan sebagaimana mestinya, dan akan didapat potensi-potensi lain yang dapat meningkatkan dan menguntungkan kemajuan perekonomian bagi kedua belah pihak.